Laman

Minggu, 11 Desember 2011

ganteng adalah

musim ujan dengan 3 hari berturut2 gak turun ujan... kayaknya ini musim duren.

***

'eh, eh.. itu cowok ganteng ngetz dech'
'cantik bener itu yang lagi guling2 di pasir', 'itu kucing, bego'

mungkin gitu ya kalau cowok/cewek (itu yang cewek rada ale2) ngeliat makhluk yang punya penampakan yang sedikit lebih menarik dari yang lain. tapi, apa sih ganteng/ cantik itu? (di sini gue bahas ganteng aja ya, capek juga kalau mesti ngetik 'ganteng/cantik terus, tapi esensinya tetep sama buat yang cantik juga).

banyak orang yang ngegambarin orang yang punya penampakan (dari segi muka) lebih menarik atau 'eye catching' dengan kata 'ganteng'. gak salah sih, tapi kurang tepat aja kalo menurut gue. hal yang kayak gitu tuh kayaknya lebih tepat kalau disebut 'rupawan'. rupawan, orang yang punya rupa (agak ngarang, hhe). bukannya semua orang punya rupa? ya emang, tapi maksudnya tuh yang punya rupa 'lebih' dari yang laen. kalau buat cowok disebut rupawan, kalau cewek ya.... rupawati (maksa lagi).

kenapa sih gak sebut ganteng aja?. nah, ini nih, coba sekarang ada yang bisa jelasin gak yang namanya ganteng itu kayak apa? yang mukanya kotak? lonjong? bulet? idungnya bolong? matanya dua? tiap orang pasti punya persepsinya masing2. mungkin ini yang orang sebut 'ganteng itu relatif'. dan sekali lagi, itu lebih tepat disebut rupawan.

ganteng itu bukan diliat dari muka, tampang, wajah, apa pun itu namanya. ganteng lebih dari sekedar muka coy. ganteng itu berasal dari hati, diproses di otak n diwujudkan lewat tindakan.

berasal dari hati, artinya orang ganteng harus pandai merasa. punya hati. diproses di otak, artinya setiap tindakan yang dia kerjain pasti udah dia pikirin mateng2. singkatnya, orang ganteng itu 'ngotak'. diwujudkan lewat tindakan. apa yang dia rasa, dia pikir, itu semua dia wujudkan dalam tindakan, talk less do more.

nah, udah ganteng belom lo?, ternyata gak gampang ya jadi ganteng itu (ini sih gue-nya aja yang bikin ribet, hhi). butuh proses dan waktu. tapi bukan berarti gak mungkin, setiap cowok berhak untuk menjadi ganteng. awali dengan niat, lakukan dengan sabar dan ikhlas, n jangan lupa, berdoa.

dan pada akhirya, ganteng adalah pilihan...

sekian dan terima kasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar