Laman

Senin, 05 Maret 2012

berkah yang terlupakan

***

belakangan ini gue prihatin banget sama ujan. gue baca status facebook, 'j4NgaN Uddjj4n PLiizzZZZ, aqiqa mau ke salon dulu cyiiinnn...' gue liat timeline twitter 'yach, ujan'. banyak banget postingan di jejaring sosial yang terkesan menyayangkan datangnya ujan. dan gue rasa, mau dibaca dari arab pun, kata-kata tadi tetep menggambarkan penolakan, penyesalan, ketidaksenangan akan ujan.

kenapa sih?

katanya ujan itu berkah, terus kenapa seolah datangnya dianggap musibah?.

nih ya, coba kita studi kasus tentang status di atas yang berbunyi: 'j4NgaN Uddjj4n PLiizzZZZ, aqiqa mau ke salon dulu cyiiinnn...'. terus emang kalo ujan gak bisa ke salon?. kan bisa pake mobil. jalan kaki juga bisa, pake payung biar gak basah banget. bahkan jalan kaki tanpa pake payung juga bisa kan, cuma bedanya sampe salon jadi basah kuyup terus mungkin nanti keserang flu. tapi intinya kan tetep bisa ke salon. terus dimana salahnya ujan?

semua muanya bisa kok dilakuin. tinggal pilih aja mau kebasahan atau cari cara biar gak kebasahan. you're always have the choices. simple kan, gak perlu pake nyalahin ujan.

kalau kita berasumsi bahwa kata-kata adalah doa, berarti status kayak di atas adalah doa yang egois. gimana enggak, cuma gara2 mau ke salon ngedoain biar gak ujan. pernah gak sih kepikir kalau di saat yang sama ada orang lain yang begitu ngebutuhin turunnya ujan. emang ada yang butuh ujan? o ada, petani yang sawahnya tadah ujan misalnya.

gue ngebayangin gimana kalo ujan marah. dia ngambek. gak turun sehari, seminggu, sebulan, setahun! gimana hayo?! atau justru karna dia kesel dia jadi turun terus gak berenti2. sehari, seminggu, sebulan, setahun! nah lho! gimana coba?!

kita yang hidup di Indonesia yang notabene daerah tropis harusnya bersyukur masih bisa nikmatin ademnya ujan. coba tengok sodara sebumi kita yang ada di daerah kering kerontang. mereka bahkan harus nari2 supaya ujan mau datang. kita? gak usah diminta ujan datang dengan sendirinya, melimpah pula.

tapi kan ujan suka bikin banjir. yang bikin banjir itu siapa? salah sendiri jalan air dibikin bangunan. buang sampah di jalan air. air itu cuma menunaikan kodratnya sebagai materi yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah dan selalu menempati ruang.

manusia kan hidup dari alam, jadi ya sepatutnya lah menghargai alam. manusia yang butuh alam, bukan sebaiknya. alam bisa tumbuh sendiri tanpa campur tangan manusia. tapi manusia? bisa hidup tanpa ngehirup oksigen? bisa hidup tanpa minum air? bisa hidup tanpa makan?.

bukannya mau mendiskreditkan mereka yang suka 'ngeluh' karna ujan, gue juga tanpa disadari sering kayak gitu. tapi coba deh kita kurangi yang begitu2. toh dengan kita ngeluh ujan gak bakal langsung berenti. cuma bikin emosi aja. kita nikmatin aja berkah dari Tuhan ini. bukannya kita diajarin buat ngucap syukur kalau turun ujan?. 

dan terima kasih gue untuk mereka yang masih mensyukuri datangnya ujan :)


hujan, adakah setetes rindu untukku?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar