Laman

Rabu, 07 Maret 2012

oseng tempe

dulu, waktu gue mengunyah bangku smp, gue punya temen. temen sepermainan. dimana ada dia selalu ada aku. dia amat... -____-". lupakan.

ya, jadi dia itu temen smp gue. chairmate pertama gue. gue masih inget tuh, waktu itu kita menuju ke meja yang sama di jajaran paling belakang. dia datang dari sisi kiri, gue dari sisi kanan. pas sampe meja, kita saling tatap. waktu seolah2 berenti. kelas yang gaduh tiba2 terasa sunyi, sepi. sekeliling kita jadi abu2. cuma kita yang berwarna. kita masih saling tatap. terus kita duduk. terus kenalan. (selanjutnya kita panggil dia 'si chairmate')

sebentar2. yang dari tadi udah mikir "cieeee....", gue kasih tau satu hal. temen gue itu cowok. dan gue bukan h**o.

pokoknya begitulah. kite kenalan. duduk sebangku, tapi gak lama. seiring perkembangan pergaulan kita juga sering gonta ganti chairmate. tapi kayaknya gue gak pernah sebangku sama cewek (pernah gak ya?).

nah, suatu hari, gue sama temen2 deket gue maen ke rumahnya si chairmate. kebetulan sekolah bubar lebih cepet. tadinya sih gak ada rencana mau maen. waktu si chairmate naek angkot, temen gue ada yang iseng ngajakin maen ke rumah si chairmate. dibolehin sama si chairmate. kita mikir2, pas angkotnya mau jalan, kita langsung buru2 naek.

sampe rumahnya chairmate kita ketemu sama ibunya, terus kita melakukan ritual yang kalau diterjemahin mungkin kayak gini: "numpang ngerepotin ya bu", yaitu cium tangan. gue inget banget, rumah si chairmate waktu itu masih baru dibangun, jadi masih ada beberapa lantai yang belum dilapisin keramik. si chairmate punya kura2 di kamarnya, dan gue gak pernah lupa sama akuariumnya yang semerbak bunga bangke itu.

layaknya trend anak muda tempo doeloe, yang jadi kerjaan kita kalau maen ke rumah temen adalah maen ps. waktu  itu ps 1 masih jadi primadona (tapi gak lama kalah pamor sama ps 2). kita maen nascar waktu itu. game balapan. dan gue kalah mulu.

lagi seru2nya maen, tiba2 ibunya si chairmate dateng. bawa masakan. aromanya beeeuuhhh... sedep pisan. yang gue inget waktu itu yang ibunya chairmate masak ada tumis kangkung sama tempe yang diiris kecil2 pake kecap (oseng tempe kalau gak salah namanya). terus ada lagi tapi gue lupa.

yang paling gue demen dari masakannya itu adalah oseng tempenya. sekali gue nyoba, gue langsung jatuh cinta. enaaaakkkk benerrrr.... majosss dah. kecapnya tuh agak kentel, jadi rasanya manis, tapi gak ngenekin. sedep dah pokoknya. dan semenjak itu gue jadi demen sama oseng tempe. sampe sekarang pun kalau makan di ramesan, kalau ada oseng tempe pasti gue sikat.

waktu kelas 2 atau 3 gitu, gue denger kabar kalau ibunya si chairmate meninggal. tapi gue gak berani nanya ke si chairmate, takut dianya sedih. gue juga sedih sih. buat gue, ibunya si chairmate udah memberi rasa istimewa dari sepotong tempe yang mungkin gak bakal gue lupa. sampe sekarang gue masih suka kangen sama oseng tempe kecap buatan ibunya si chairmate.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar