Laman

Selasa, 03 Mei 2011

arti sebuah nilai

sampe sekarang gue masih heran, bingung dan galau. Heran sama temen-temen gue yang pada nunduk semua kalau lagi ngerjain soal ujian, jarinya gak pernah lepas dari pulpen, pulpennya gak pernah berenti nulis. Bingung sama apa yang sebenernya mereka tulis di kertas jawaban. Kok bisanya sampe banyak gitu tulisannya. Jawab soal apa bikin novel?. Galau sama kondisi kejiwaan gue yang mulai terganggu sama hal-hal kayak gitu (gigit sendal)..


Ini masih jadi misteri buat gue. Gini, kita sekelas, dosennya sama, materi yang kita baca juga kurang lebih sama. Ok, materi gue emang ga ada lebihnya. Hurufnya sama, kertasnya sama, tempat fotocopynya juga sama. Tapi kenapa temen-temen gue bisa nulis berparagraf-paragraf sedangkan gue Cuma bisa sebaris-dua baris doang?. Apa mungkin gara-gara orang yang motocopy-in-nya beda? Nah lho...

Sejauh ini Analisis gue adalah:
1. ingatan mereka emang kuat, jadi tiap detail kata dalam fotocopy-an bahkan mungkin penjelasan yang dosen kasih bisa mereka keluarin dengan lancar di kertas jawaban.
2. mereka berbakat jadi sastrawan.

Apa emang cara belajar gue yang salah ya? Mari kita analisa..
Gue belajar gak bisa kalau Cuma baca doang. Males gila kalau mesti ngapalin materi yang seabrek-abrek. Jadi tiap materi gue rangkum lagi. Gue singkat, gue padetin (pake bahasa sms pula biasanya). Buat gue, nulis sama aja efeknya sama belajar (yang belum pernah kerasa). Setidaknya dengan ngerangkum itu gue mesti baca materinya juga, jadi ya.. mesti baca juga ujung-ujungnya sih.

Belajar gak bisa dengan diem, baca, dengerin, liat, tapi harus pake gerak juga. Dengan ngerangkum begitu, bakal lebih gampang buat gue apalin. Intinya adalah gue tau apa yang jadi pokok materi itu. tapi, mungkin ini sialnya, pas ujian gue gak bisa ngembangin apa yang gue pelajarin, soanya yang gue tau Cuma pokok-pokoknya aja, semacam kata kuncinya lah. Tapi Kata kunci itu malah ngunci imajinasi gue buat berkembang. Imajinasi gue mati kalau lagi ujian. Hm, gak semua sih, hhe..

Ada satu hal lagi yang menurut gue berpengaruh besar. Tulisan. Mungkin sepele, tapi efeknya sepala. Ok, kita ngerjain ujian, jawaban kita mantep, analisis kita dalem, pengawas aja kerepotan ngeladenin kita yang baru semenit udah minta kertas tambahan (yang ini lebay akut). Yakin dong dapet nilai bagus. Tapi jangan lupa kawan, jawaban itu bakal dikoreksi sama dosen dan cara ngoreksinya itu adalah DIBACA (dibaca gak ya?), dan kalau tulisan kita bak benang kusut yang emang gak ada ujungnya, it’s over fellas. Jawaban, analisa dan segala curhatan kita di kertas jawaban bakal jadi sia-sia. Intinya, dosen juga males ngoreksi kalau tulisan kita kayak barang pecah belah yang udah pecah terus disuruh beli karena pecah berarti membeli, lho?. Wal hasil, nilainya seadanya. Ok, kayaknya gue harus berenti pake kata ‘kita’ coz apa yang gue tulis kayaknya lebih ‘gue’ banget.

Ngomongin soal tulisan, font gue adalah gabungan dari old english, symbol and webdings. Sila liat sendiri gimana kalau ketiga font itu digabung dan Sampai sekarang hipotesis gue adalah:
H0: panjang jawaban dan kejelasan tulisan mempengaruhi indeks prestasi mahasiswa.
Ha: kalau jawaban lo Cuma sebaris-dua baris dan tulisan lo adalah gabungan dari old english, symbol and webdings, perbanyaklah amal dan doa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar