Laman

Senin, 09 Mei 2011

baca yuk!

Jemuran gue keujanan. Basah lagi deh jadinya…
Masih bisa dibilang jemuran gak ya? Gak tau deh.. bingung.. (gigit sendal)
***
Gue secara tidak sengaja ikut (ikutan) PKM, program khayalan, ehm kreatifitas mahasiswa, sama beberapa temen gue. Programnya sendiri tentang rumah baca. Tujuannya kita pengen mengembangkan minat baca anak-anak sejak dini (sungguh mulia kan?). Sasarannya itu anak-anak SD. Yah, daripada mereka (anak-anak) pada ke warnet, kan mendingan gue yang ke warnet. eh, maksudnya mendingan mereka baca buku.

Dalam programnya sendiri kita ada kunjungan ke beberapa SD. Kunjungan ini maksudnya mau ngenalin rumah baca sekalian ngajak anak-anak supaya gemar baca. Al hasil berkunjunglah kita ke salah satu SD. Sebelumnya gak kebayang deh, gimana nanti ngadepin anak-anak SD yang kelakuannya suka aneh-aneh. Di kepala gue, yang terlintas adalah waktu kita nyampein materi kita gak beda jauh sama keripik singkong, garing di dalam, krenyes (?) di luar. Yang asin biasanya lebih nikmat.

Yah, sebelumnya juga gue emang gak pernah gahoel sama anak-anak SD sih, jadi kurang tau gimana cara narik perhatian mereka. Tapi mau gak mau harus ngadepin mereka juga. Jadi keripik jadi keripik deh, tapi yang spesial kalau bisa. Waktu prakteknya, apa yang ada di kepala gue (apa ya?) itu ternyata gak sepenuhnya bener. Mereka cukup antusias sama kedatangan kita. sampe gelar karpet merah segala malah,, oh, yang ini enggak denk.

Pertamanya gue pikir pas kita datang bakal disambut sama tatapan ‘udah bosen idup lo?’ dari mereka. Tapi ternyata enggak segitunya banget. Makin ke sana kita makin biasa. Di kelas kita bacain dongeng (yang kita datengin kelas empat). Mereka juga kita ajak buat baca. Ini lagi yang gak gue sangka, ternyata anak-anak SD jaman sekarang aktif-aktif. Ya walaupun masih agak malu-malu tapi mereka berani maju. Gak kayak jaman gue dulu, dieeem aja, tau-tau buang air.

Disamping aktif mereka juga ekspresif. Selain baca cerita, mereka juga kita ajak meragain tokoh yang ada di cerita. Biar tambah seru. Gaya meragainnya juga lucu-lucu. Ada-ada aja tingkah polahnya, mulai dari yang mukanya merah, yang gak tau malu sampai yang gak tau lagi mesti bilang apa. Jaman SD emang mestinya diisi sama hal yang aneh-aneh (dalam kadar anak-anak tentunya), karna seberapa pun anehnya polah lo, semua akan berakhir di kalimat ‘namanya juga anak-anak’. Setidaknya dengan begitu lo gak mesti dapet label ‘masa kecil kurang bahagia’ waktu gede nanti.

ini Fikri, dia lagi meragain tokoh, bukan pengen beol

Dari kegiatan kita ini harapannya anak-anak jadi seneng baca dan tambah banyak ilmunya. Emang sih, ilmu bisa didapet dari mana aja, media juga banyak sekarang. Arus informasi udah gak terbatas dan gak putus-putus, ditambah lagi biayanya yang makin bisa dijangkau sama semua kalangan. Media emang udah makin banyak dan canggih, tapi toh media yang canggih itu juga gak bakal ada kalau yang nemuin gak baca buku dulu.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau baca buku…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar